Blogger.

JADILAH PENCIPTA BUKAN PEKERJA



Sejak dulu pengangguran menjadi masalah utama bagi masyarakt indonesia. Dan sampai sekarang pun kebijakan atau program yang dibuat pemerintah tidak terlalu memberikan efek yang signifikan. Bahkan hampir setiap waktu terlihat jelas penduduk tingkat sekolah yang telah lulus pun masih dalam fase pencarian kerja. Dan jika ini tidak diberikan solusi yang praktis maka pengangguran akan semakin banyak.
Paradigma masyarakat yang hanya sebagai pekerjalah yang sebenarnya menjadi penyebab utama adanya pengangguran. Walaupun pemerintah telah menyediakan lapangan kerja yang banyak tapi jika masyarakat hanya ingin menjadi pekerja itu tetap tidak akan membantu. Karena setiap perusahaan ataupun lembaga memmberikan ketentuan berbeda mengenai orang-orang yang akan menjadi pegawai. Kadang kala ketetapan lembaga atau perusahaan itulah yang menghambat banyak orang untuk tidak menjadi seorang pengangguran.
Ketidakseimbangan apa yang dinginkan sebuah lembaga atau perusahaan yang mencari seorang pegawai dengan kemampuan pegawainya itu sendiri akan menjadikan banyak orang tidak mengalami pekerjaan. Dan untuk mengatasi semua itu, orang-orang harus bisa menciptakan lapangan kerjanya sendiri sesuai dengan apa yang paling bisa dilakukan. Jika setiap orang mengasah kemampuannya hingga menjadi mahir, maka dari sanalah pengangguran akan semain berkurang.
Jika dilihat sebagai seorang yang harus keluar dari predikat pengangguran maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
-          Asak kemampuan yang dimiliki
Agar tidak menjadi seorang pengganguran, lebih baik fokuslah terhadap apa yang bisa dilakukan dan bisa menghasilkan sebuah pekerjaan. Kita tidak bisa selalu berpegang pada pemerintah yang menyediakan lapangan kerja. Karena jika dilihat bahwa lapangan kerja itu sudah semakin luas. Hanya tadi yang berbeda adalah pola pikir perusahaan atau lembaga yang mencari kandidat pegawai dengan kemampuan yang ada dalam diri seorang pencari kerja. Lebih baik tingkatkan kemampuan sendiri agar bisa lebih berkualitas.
-          Berada dilingkungan yang menunjang untuk mengasah kemampuan
Jika kita sudah mengasah kemampuan sendiri dan yakin dengan apa yang bisa dilakukan , maka saatnya untuk mencari lingkungan yang bisa menunjang. Seperti halnya mengikuti kegiatan seminar tentang apa yang menjadi bakat sendiri. Atau berkenalan dengan komunitas maupun forum yang bisa menambah kemampuan. Jika ini dilakukan setiap saat, maka bakat yang dimiliki pun semakin bertambah.
-          Beranikan diri untuk mengaplikasikannya
Kemudian jika semua yang ada di sekitar kita sudah menunjang kemampuan atau bakat maka saatnya untuk mengaplikasikan dengan membuka lapangan kerja. Minimal lapangan kerja untuk diri sendiri terlebih dahulu. Misalkan bagi yang senang dengan kuliner, bisa membuat masakan yang nantinya dijual pada orang lain. Bagi yang senang menulis, bisa membuka jasa penulisan. Bagi yang senang dengan menggambar, bisa menjual jasa mendesain. Bagi yang senang dengan mengajar tidak masalah untuk membuka lembaga kursus dari kecil-kecilan hingga nanti menjadi sangat besar. Bagi yang senang dengan kerajinan tangan lebih baik mencoba membuat sebuah karya yang bisa menghasilkan. Dan bakat lainnya yang bisa dieksplorasi dengan jalan yang lebih terarah.
-          Menggunakan alat bantu teknologi.
Jangan lupa pula untuk mengunakan berbagai media yang berkaitan dengan teknologi. Zaman sekarang ini teknologi penting untuk membuka peluang usaha. Diantaranya adalah menggunakan media sosial untuk melakukan promosi. Dengan begitu akan banyak orang yang mengetahui jasa apa yang akan kita jual. Semakin sering melakukan promosi itu akan semakin meningkatkan feedback yang lebih besar.
-          Buang paradigma sebagai pekerja
Dan terakhir buang jauh-jauh pemikiran untuk menjadi seorang pekerja. Lapangan kerja itu banyak dan kita sendiri yang bisa menciptakan. Jika pada kenyataannya adanya pengangguran bukan karena tidak adanya lapangan kerja, maka yang harus diubah adalah pola pikir masyarakatnya sendiri. Dengan begitu setiap orang bisa akan lahir sebagai pencipta yang berasal dari kemampuannya sendiri. Dan jika ini diterapkan kepada seluruh masyarakat maka yang namanya pengangguran akan semakin berkurang bahkan tidak ada lagi.
Bagi pihak yang berwenang mendorong pemusnahan pengguran maka yang harus dilakukan adalah :
-          Melakukan penyuluhan tentang sebuah pekerjaan
Penyuluhan mengenai pekerjaan sangatlah penting dilakukan oleh pihak terkait seperti pemerintah. Bagi pengaguran setidaknya ini bisa memberikan solusi agar merubah makna dari pekerjaan. Dan juga menghilangkan keinginan banyak orang untuk menjadi seorang pekerja. Karena sebenarnya semua orang bisa menjadi pencipta lapangan kerja dengan kemampuan dan kerja kerasanya sendiri. Jika memang untuk mencari kerja itu terbilang sulit maka menjadi seseorang yang terus mengandalkan kemampuan dan bakat sendiri adalah solusinya. Pemahaman inilah yang harus diberikan kepada semua orang yang belum menjadi seorang pekerja. Agar tidak membuang waktu dengan menunggu sebuah keperjaan dari orang lain.
-          Memberikan motivasi bahwa kesuksesan mudah untuk diraih
Orang-orang yang belum bekerja sangat membutuhkan motivasi dari berbagai pihak. Apalagi bagi yang sudah menganggur dalam waktu yang lama. Jika masyarakat selalu di dorongan mengenai kesuksesan yang mudah maka bukan tidak mungkin bahwa setiap harinya akan lebih semangat untuk menciptakan lapangan kerja sendiri. Semakin yakin dengan kesuksesan yang mudah didapatkan, orang-orang akan lebih cepat untuk mengambil jalan keluarnya sendiri tentang pekerjaan yang akan meraka lakukan.
-          Membantu mendorong masyarakat yang akan meningkatkan bakat sendiri
Dan jangan lupa pula mengenai fasilitas dari pemerintah untuk meningkatkan bakat sendiri. Salah satu yang paling nyata untuk meningkatkan bakat adalah adanya Lembaga Swadaya Masyarakat yang mewadahi kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan. Bahkan orang-orang yang merasa belum mengetahui bakatnya pun bisa diberikan pembelajaran atau bekal yang berkaitan dengan apa yang akan dikembangkan. Ini adalah tindakan nyata yang mampu memberdayakan penggangguran menjadi berkualitas dan memiliki kuantitas yang mensejahterakan kehidupannya.
Jadi jika memang kesulitan mencari kerja selalu dirasakan banyak orang, maka jangan lagi itu menjadi hambatan untuk bisa sukses atau sekedar mendapatkan penghasilan. Setiap orang sudah memiliki bakat dan kemampuannya sendiri yang bisa mengubah kehidupan masing-masing. Tapi memang banyak orang yang tidak melihat kedalam dirinya sendiri, tentang apa yang bisa dihasilkan. Orang-orang malah memperhatikan lingkungan sekitar yang bisa mendatangkan sebuah pekerjaan.
Padahal jika kita hanya mengandalkan pekerjaan dari orang lain, itu malah membuat jalan kesuksesan lebih jauh. Namun jika lebih terbuka dan mengenal diri sendiri maka yang terjadi adalah memberdayakan kemampuan agar lebih bermanfaat dan tidak lagi menjadi seorang pengangguran. Dan semua itu bisa terlaksana apabila kemauan yang kuat dari diri sendiri dan tidak putus asa dengan apa yang diperjuangkan. Jangan jadikan sebuah pekerjaan hanya sekedar mendapatkan uang saja. Tapi jadikan pekerjaan sebagai bentuk pengembangan diri agar lebih sukses.

Hilanganya pengangguran akan dirasakan melalui individunya sendiri. Karena itu berkaitan dengan kemauan untuk menjadi orang yang berkembang setiap saat. Walaupun pemerintah telah menyediakan lapangan kerja tapi jika orang-orangnya hanya sebatas menunggu, tidak aka nada solusi yang baik untuk membuat pengangguran sebagai seorang pekerja. Tapi jika setiap orang memanfaatkan waktunya ketika menunggu pekerjaan dengan apa yang dikuasainya maka tidak ada yang dibutuhkn lagi selain terus mengasah bakat sampai bisa benar-benar berkualitas serta menciptakan lapangan kerja sendiri.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital