Blogger.

Menjadi Muslimah Tangguh dan Berkualitas




Jika berbicara mengenai kehidupan remaja sekarang ini, sudah tergambar banyaknya perilaku yang telah melanggar normal agama. Terutama untuk perempuan yang mendapatkan pergaulan menyimpang dari lingkungannya. Sehingga membuat derajat wanita menjadi lebih rendah dan tidak dihargai. Kehidupan anak baru gede yang jauh dari pemahaman agama membuat mereka kehilangan arah dan krisis percaya diri. Dimana mereka tidak memiliki kualitas terhadap kehidupannya dan hanya ikut-ikutan terbawa arus yang tak karuan.
Oleh karena itu, perlu sekali tatatan agama yang dibangun dan di transfer pada masa-masa remaja kaum hawa. Agar mereka dapat membentuk dirinya menjadi manusia yang cerdas dan berprestasi. Menjadi muslimah yang tangguh dengan mendalami dan mengamalkan segala bentuk kewajibannya yang dianjurkan oleh agama islam. Jangan sampai tergeser oleh arus globalisasi yang membuat diri terpedaya dan terkekang dalam zona yang membuat diri lebih terpuruk dan tidak berkembang.
Masa muda memang masa dimana semua orang ingin mencoba segala sesuatunya dan penuh dengan gejolak jiwa. Tapi jangan sampai keingintahuan tersebut malah menjerumuskan para penerus bangsa dalam jurang kebobrokan. Emosi yang naik turun membuat kehidupan kaum wanita ini tidak pernah terjaga. Sehingga membutuhkan tuntunan orang tua yang sudah terlebih dahulu memahami agama.
“…..dan Kami turunkan kepadamu Al kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri..” (QS. An-Nahl:89)
Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang akan menjadi petunjuk bagi umat manusia. Di dalamnya menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan mengenai kehidupan dunia, agama sampai kehidupan akhirat. Manusia bisa berjalan sesuatu dengan apa yang diperintahkan Allah pada jalan yang lurus. Dengan semakin berkembangnya kehidupan jaman, jadikanlah Al-Quran sebagai pedoman yang akan membantu menunjukan arah yang diridhai Allah SWT.
Meningkatkan wawasan diri
Pertahanan agama yang diberikan pada remaja islam bisa membuat diri kuat dalam menghadapi kehidupan yang banyak sekali godaannya. Terutama bagi kaum wanita agar bisa mengingkatkan kemampuan diri daripada hanya ikut-ikutan kegiatan yang akan merusak moral. Membincangkan sesuatu yang akan menambah dosa, hura-hura dengan berbelanja, menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan bukan ceriman seorang muslimah. Menjadi seorang muslimah sejati dapat membentengkan diri dari lingkungan yang dapat merusak.
“  Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf : 31)
Segala sesuatu yang melampaui batas akan menimbulkan hal-hal negatif. Allah sangat tidak menyukai manusia yang selalu berlebihan dalam segala sesuatu. Termasuk dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk menjalani hidup. Sebagai seorang muslimah, manfaatkan waktu terbaik untuk terus mengembangkan diri agar berguna bagi banyak orang.
Untuk itu, jadilah remaja yang selalu haus ilmu dan selalu ingin menambah wawasan. Gunakan semua waktu yang dimiliki untuk memperoleh pemahaman ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Dengan begitu, hidup akan semakin terarah dan bisa menyusun kehidupan untuk masa depan. Berikut tips untuk menjadi muslimah cerdas :
·         Masuk organisasi keagamaan
Banyaknya godaan dimasa remaja tentunya mengharuskan semua wanita dibekali ilmu agama. Jika pemahaman agama dari orang tua hanya sedikit, maka gunakan organisasi keagamaan disekolah untuk memberikan pemahaman lebih. Dengan begitu, hati tidak akan goyah dengan lingkungan yang penuh dengan dosa.
·         Ikuti forum diskusi
Siapa bilang muslimah tidak bisa berkembang? Saat ini banyak forum-forum diskusi kemuslimahan atau masalah-masalah wanita yang bisa dikaji. Ikuti forum tersebut baik secara online maupun datang langsung. Akan banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan.
·         Banyak membaca
Buku adalah jendela dunia memang merupakan makna kiasan yang sangat berharga. Ketika banyak buku yang diserap maka akan lebih memahami sesuatu yang tidak diketahui. Bacalah buku dimana pun dan kapan pun baik itu buku tentang agama maupun buku yang umum.
·         Ikuti perkembangan dunia
Jangan jadi muslimah yang katro supaya tidak kalah sama perempuan lainnya yang selalu up date dengan perkembangan jaman. Banyak menonton berita baik di TV maupun melalui online. Ikuti perkembangan yang sedang nge-hits seperti dunia pendidikan, fashion, politik dan berbagai pengetahuan lainnya yang sedang banyak digandrungi.
Masa muda muslimah penuh karya
Setelah memiliki wawasan yang luas, tentunya pengembangan kualitas diri bisa lebih disempurnakan. Ingat bahwa manusia yang bermanfaat yaitu manusia yang bisa mengaplikasikan atau menyalurkan apa-apa yang diketahuinya. Untuk itu pada kehidupan selanjutnya, jadilah muslimah yang penuh dengan karya. Keluarkan segala kemampuan yang dimiliki dan menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang muslimah seperti :
·         Mengikuti perlombaan akademik
Biasanya setiap sekolah akan mengikuti kegiatan olimpiade dan mengirim siswa yang ahli dibidangnya. Muslimah yang gaul bukan muslimah yang suka main ke mall atau up date dalam dunia fashion, tapi muslimah gaul merupakan muslimah yang berprestasi dan bisa membanggakan banyak orang. Jika ini termasuk kesempatan besar untuk berkarya dan berprestasi maka beranikan diri untuk mencoba.
·         Mengasah bakat
Setiap orang pasti memiliki bakat baik yang masih terpendam maupun bakat yang sudah menonjol. Untuk itu, gali bakat yang dimiliki dan teruslah belajar, dengan begitu kemampuan diri tidak hanya masalah akademik tapi diluar akademik pun masih bisa berprestasi.
·         Ikut dalam kegiatan sosial
Walaupun usia terbilang remaja yang masih ingin main-main, tapi menjadi orang yang berpengaruh dan bisa membahagiakan orang lain merupakan tujuan hidup yang paling mulai. Maka ikuti kegiatan-kegiatan sosial yang saat ini banyak berdiri. Dengan merasakan keindahan berbagai maka masa muda pun akan lebih bermanfaat. Tak terkecuali untuk seorang muslimah yang bisa mengerahkan tenaganya untuk membantu orang lain.
“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl : 78)
Setiap manusia dilahirkan dengan ketidaktahuan mengenai penciptananya serta tanggungjawab keberadaannya di muka bumi. Tapi dengan kesempurnaan yang Allah berikan berupa pendengaran, penglihatan dan hati membuat manusia belajar arti hidupnya di dunia. Itulah mengapa seluruh makhluk diharuskan terus belajar dan berilmu. Tidak hanya untuk kaum laki-laki yang notabennya dijadikan pemimpin dalam kehidupan. Tapi juga untuk para wanita yang akan menjadi penerus pejuang wanita islam seperti jaman rasulullah dulu. 
Dengan pembekalan agama yang dimilki maka hidup akan semakin terarah. Tidak akan terpengaruh oleh hal-hal yang dilarang agama. Menjadi muslimah sejati akan mengantarkan hidup lebih bermakna. Memiliki wawasan yang luas dan terus berkarya merupakan bentuk prestasi berharga yang bisa diberikan untuk agama, bangsa dan Negara. Jadilah muslimah tangguh dan berkualitas!





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital